Selasa, 29 April 2008

Apa Yang Paling BESAR

Di sebuah sekolah dasar sang Ibu Guru tengah memberikan suatu pelajaran kepada murid – murid kelas satu. Lalu Ibu Guru itu bertanya kepada murid – muridnya mengenai apa yang paling besar.

Jawaban dari murid – murid kecil itu beragam. Ada yang menjawab ayahnya, gajah, rumah mewah, gunung dan lain – lain. Suara murid – murid kelas satu itu terdengar riuh rendah menyuarakan jawabanya. Namun di tengah keriuhan itu ada seorang murid yang paling kecil di kelas itu yang hanya tersenyum saja.

Dengan penasaran Bu Guru bertanya padanya apakah yang paling besar menurutnya. Murid paling kecil itu menjawab dengan filosofis bahwa matanya lah yang paling besar. Karena matanya bisa melihat ayah-ibunya, gajah, gunung, rumah mewah dan banyak benda lain di dunia ini.

Setelah mendengarkan jawaban dari murid terkecilnya, Bu Guru itu pun mengatakan bahwa sebenarnya yang paling besar di dunia ini adalah pikiran kita. Karena pikiran kita sebenarnya bukan saja bisa melihat melalui mata tapi juga bisa melihat melampaui apa yang tidak nampak yang disebut imajinasi.

Pikiran dapat mengetahui adanya suara yang tidak terlihat mata, semua hal bisa masuk dalam pikiran kita baik bagus ataupun jelek. Karena itu pilihlah yang terbaik untuk dimasukkan ke dalam pikiran agar kelak besar tetap menjadi anak baik.

Kekuatan pikiran yang dimiliki oleh manusia memang luar biasa besar dan tidak terbatas.

Pikiran juga yang membedakan manusia dan mahluk binatang. Makin kuat keyakinan kita pada Tuhan makin yakin pula kita untuk mengembangkan pikiran kearah yang lebih positif.

Seringkali perbedaan dari sempit dan besarnya pola pikir manusia akan berpengaruh juga pada pencapaian hasil akhir.

Jika setiap manusia bisa mensyukuri dan mengarahkan pikiran dengan baik dan benar, maka kehidupan manusia akan berubah kearah yang lebih baik, lebih sukses dan bermutu luar biasa.

Be a small man who thinks big. Don’t be a big man who thinks small’

Tidak ada komentar: